Senin, 01 September 2014

ATROPINE, BELLADONA DAN STRAMONIUM

Obat tetes mata dan balladona sering meracuni anak-anak. Stramonium terdapat pada rumput liar Jimson (apel berduri, rumput bau busuk) dan jenis tanaman lain. Biji-bijinya dapat memabukkan karena mengandung. atropine, scopolamine, dan hyoscyarmne.

 Gejala pertama ialah pengeringan mulut, kulit berwarna merah, demam, rasa haus yang hebat, gangguan pada penglihatan, biji mata membesar). Kemudian penderita menjadi lemah, pusing, sempoyongan, kacau pikir, terlalu gembira dan mengigau.

APA YANG HARUS DILAKUKAN

    Carilah seorang penolong kawakan segera-segeranya. Untuk pertolongan pertama. Ikuti LANGKAH E. Bila perlu, berikan pernafasan buatan.

OBAT TIDUR
 Obat tidur mencakup semua jenis obat penenang. Biasanya ini disimpan dalam laci obat atau dalam rak. Orang yang meminumnya dengan rasa ingin tahu biasanya menjadi korban" Obat tidur diminum orang-orang yang mengalami depresi dengan maksud bunuh diri.

Salah satu obat tidur, kalau diminum dalam dosis tinggi akan merusak tata saraf (yang membuat orang tidak sadar) dan memperlambat pernafasan, tekanan darah menurun, dan akhirnya shock. Sebelum timbul gejala depresi mental dan fisik, ada masa gembira yang singkat, dia mau berlaku seperti orang mabuk.

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Apabila pasien itu masih sadar, ikutilah LANGKAH E. Apabila dia tidak sadar lagi jangan memaksa dia muntah. Sementara menunggu dokter atau dalam perjalanan kerumah sakit. Berikanlah pernafasan buatan dan zat asam, jikalau mungkin.

ZAT ARANG MONOKSIDA

Zat arang monoksida ialah gas racun yang terdapat pada asap mobil sebagai hasil pembakaran yang tidak sempurna- Keracunan akan terjadi tanpa diduga sebelumnya- Gejalanya ialah sakit kepala, lemas,pusing, lemah, sukar bernafas dan mungkin juga muntah yang disusul dengan kelelahan dan tidak sadar" Kulit kelihatan berbelang-belang berwarna merah.

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Pindahkanlah korban itu dari sumber gas racun dengan segera. Lebih baik menggotongnya supaya dia tidak melelahkan dirinya, karena tubuhnya tidak dapat berfungsi dengan baik sebab kekurangan zat asam. Kemudian tubuhnya perlu dijaga agar tetap hangat. Berikan pernafasan buatan bila perlu. (Lihat Pernafasan Buatan dalam buku ini).

Dia perlu menghirup zat asam murni- Mintalah pertolongan dokter dengan segera' regu ambulans atau polisi. Dalam permintaan itu, beritahukan yang pasien memerlukan zat asam. Pasien itu memerlukan istirahat total selama beberapa jam walaupun kelihatan sudah mulai sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar